Thursday 17 November 2016

Disponsori Rakuten, Barcelona Jadi Klub Terkaya Setelah Real Madrid

Tim besar dari Spanyol, Barcelona, resmi menjadikan Rakuten sebagai sponsorship selama empat tahun dimulai dari musim 2017/2018.

Kesepakatan antara Barcelona dengan perusahaan online dari Jepang itu dikemukakan oleh presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu seperti dikutip dari BBC. "Perjanjian ini menjadikan kita (Barcelona) sebagai yang terdepan dalam bidang sponsorship, seperti yang kita harapkan di direksi," ucap Josep Mario Bartomeu.

Kerja sama antara Barcelona dengan Rakuten sudah diperbincangkan sejak tahun 2015 pada sebuah makan malam di San Fransisco yang diselenggarakan Gerard Pique, bek Barcelona yang juga teman dari Hiroshi Mikitani, pimpinan Rakuten.

Dari kerjasama ini, Barcelona akan mendapatkan £ 47 juta per tahun (sekitar Rp 780 miliar) atau £ 188 juta (atau sekitar Rp 3,1 triliun) selama empat tahun kontraknya bersama Barcelona. Kerja sama ini pun akan mulai dilakukan di musim mendatang yakni musim 2017/2018.

Rakuten merupakan sebuah perusahaan internet dan perdagangan elektronik Jepang yang berpusat di Tokyo, Jepang, dan telah mempekerjakan lebih dari 13.000 staf di Jepang, dengan omset hampir £ 15 milyar dalam sembilan bulan pertama tahun ini.

Selain itu Rakuten pun sudah memiliki klub J-League,Vissel Kobe, dan klub baseball Tohoku Rakuten Golden Eagles.

Sebelum bekerja sama dengan Rakuten, Barcelona sebelumnya telah bekerja sama dengan beberapa sponsorship diantaranya, Unicef, Qatar Foundation, dan Qatar Airways. Dengan kerja sama ini Barcelona menduduki peringkat kedua klub terkaya setelah Real Madrid seperti dikutip dari Deloitte Footbal Money League.


0 comments:

Post a Comment