Monday 20 February 2017

Ilmuwan Temukan Calon Benua Baru, Diberi Nama Zaelandia

 Sekelompok peneliti berhasil mengidentifikasi kandidat benua baru di wilayah Samudera Pasifik. Calon benua baru ini dinamai Zealandia.

Nama Zealandia diambil karena kandidat benua baru ini tersembunyi di bawah Selandia Baru. Bahkan peneliti berhasil menyimpulkan bahwa Selandia Baru adalah puncak Zealandia yang menyembul di atas permukaan laut.

Dirilis dari jurnal Geological Society of America, disebutkan Zealandia merupakan bagian dari benua besar Gondwana. Sebanyak 94 persen wilayah Zealandia, tertutup air.

Daratan yang terlihat hanya Selandia Baru, Kaledonia Baru, dan beberapa pulau kecil di sekelilingnya. Mereka memperkirakan total luas Zealandia mencapai 4,9 juta kilometer persegi atau sekitar dua pertiga benua Australia.
Zealandia menurut mereka berhasil memenuhi sejumlah kriteria untuk dikategorikan sebagai benua. Kriteria itu adalah ketinggian area sekitar, struktur geologi, serta lapisan kerak yang lebih tebal dari permukaan dasar laut pada umumnya.

"Nilai ilmiah Zealandia sebagai ke benua lebih dari sekadar menambah nama ke sebuah daftar," kata Nick Mortimer, ahli geologi Selandia Baru yang menulis penelitian ini.

Mortimer dan timnya telah mengumpulkan data Zealandia lebih dari dua puluh tahun.
Nama Zealandia sebenarnya telah muncul sepuluh tahun silam. Nama itu muncul dari seorang geofisikawan Bruce Luyendyk pada 1995.

Namun para peneliti tadi masih perlu menemukan bukti lebih banyak agar Zealandia dapat diakui sebagai benua baru. Bila terbukti, maka Selandia Baru yang saat ini dikelompokkan ke dalam lempeng benua Australasia, akan menjadi benua kedelapan di dunia.

source : cnnindonesia

0 comments:

Post a Comment