Tuesday 30 May 2017

Puluhan Mahasiswa Yogya Gelar Aksi Peringati Hari Lahir Pancasila

Sekelompok mahasiswa di Yogyakarta menggelar aksi dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila. Dengan menggunakan pakaian tradisional, mereka menyerukan beberapa tuntutan terkait ancaman radikalisme di dunia pendidikan.

"Kami merasakan kurikulum di kampus tidak cukup untuk menangkal radikalisme di kampus," ujar Koordinator Umum Forum Badan Eksekutif Mahasiswa Daerah Istimewa Yogyakarta (BEM DIY), Nur Fatah kepada wartawan di Persimpangan Tugu, Yogyakarta, Selasa (30/5/2017).

Beberapa maklumat yang mereka serukan salah satunya adalah agar pemerintah turun tangan langsung ke kampus dan lembaga pendidikan lainnya untuk mencegah penyebaran radikalisme dan terorisme.

"Meminta pemerintah untuk memperbaiki sistem pendidikan Indonesia dengan memasukkan nilai-nilai kebangsaan dan Ideologi Pancasila secara masif dalam kurikulum pendidikan nasional," imbuhnya.

Tak hanya itu mereka menuntut Pemerintah untuk memberantas radikalisme dengan mempercepat kesejahteraan rakyat dengan memastikan sistem Pemerintah dan berkeadilan.

Selanjutnya, Pemerintah diminta untuk bertindak tegas terhadap segala bentuk gerakan-gerakan yang dapat memecah belah NKRI dan merongrong Pancasila.

"Forum BEM DIY menyerukan kepada setiap elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga keutuhan NKRI dan mengawal Pancasila sebagai ideologi bangsa dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika," pungkasnya. 

sumber:detik

0 comments:

Post a Comment