Tuesday 6 June 2017

Ada 6,9 juta Penumpang Padati Bandara Saat Libur Lebaran

Libur panjang yang terjadi saat hari raya Idul Fitri atau lebaran selalu membuat sibuk petugas bandara dan maskapai penerbangan setiap tahun. Jutaan perantau yang mencari rezeki di kota-kota besar akan serentak pulang ke kampung halamannya demi bertemu orang tua dan keluarganya.

Tahun ini, manajemen PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II yang mengelola 13 bandara di Indonesia memperkirakan jumlah pemudik yang terbang melalui bandara kelolaannya mencapai 6,9 juta orang. Angka ini naik 4 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu.

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama AP II menyebut angka tersebut terbagi menjadi tiga gelombang. Di mana sebanyak 3,45 juta penumpang terbang di masa arus mudik pada H-10 sampai H-1. 

Lalu pada lebaran hari pertama (H1) dan hari kedua (H2) sebanyak 537.146 penumpang. Gelombang terakhir yaitu pada arus balik atau H 1 sampai H 15 sebanyak 2,91 juta penumpang.

"Pergerakan penumpang paling banyak akan terjadi di bandara Soekarno-Hatta sampai 4,02 juta penumpang. Atau hampir 60 persen dari total penumpang lebaran tahun ini," kata Awaluddin dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (7/6).

AP II menurutnya telah menerima permohonan 2.663 penerbangan tambahan dari seluruh maskapai selama musim lebaran 2017. Hal serupa juga terjadi di tahun-tahun sebelumnya.

"Kami menyiapkan aplikasi Indonesia Airports di smartphone sehingga pemudik dapat mengetahui berbagai informasi penting sebelum melakukan perjalanan atau sesaat setelah tiba di bandara tujuan," katanya.

sumber:cnnindonesia

0 comments:

Post a Comment