Tuesday 6 June 2017

Ngabuburit Sambil Nikmati Sensasi Naik Unta di Kebun Binatang Yogyakarta

SEBANYAK 8 ekor satwa asal Timur Tengah jenis unta yang berada di Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta menempati kandang baru yang lebih representatif.

"Semula berada di dekat kandang rusa, lokasi baru sekarang berada di dekat kandang kuda nil," kata Kepala Unit Mamalia GL Zoo Yogyakarta, Yunianta dalam keterangan tertulis kepada Okezone, Senin (5/6/2017).

Satwa jenis unta yang sudah jinak itu tak hanya dipelihara biasa. Tapi, juga dipergunakan untuk bekerja sebagai unta tunggang bagi pengunjung di kebun binatang tersebut. "Hari ini, semua unta tunggang sudah selesai kami pindahkan ke kandang baru," katanya.

Pemindahan koleksi unta berpunuk satu itu dilakukan secara bertahap sejak Jumat pekan lalu. Uniknya, 8 unta itu juga memiliki nama panggilan. "Ada namanya sendiri-sendiri, mulai dari Meiden, Bintang, Taryo, Jonet, Marta, Yuli, Munaroh dan Arifa," katanya.

Unta betina bernama Yuli, sedang hamil tujuh bulan. Yuli sejak kemarin sulit dipindahkan ke kandang baru, namun baru hari ini berhasil dipindahkan.

"Baru bisa diajak keluar kandang lama setelah dipancing dengan ditemani unta jantan," timpal Sunardi, salah seorang kieper (perawat satwa) yang biasa menangani unta tunggang di kebun binatang setempat.

Yunianta menambahkan, 8 unta koleksi GL Zoo itu empat ekor berkelamin jantan dan empat lainnya betina. Kini, kedelapan unta itu tengah dalam masa adaptasi di kandang yang baru. "Kandang baru bernuansa Timur Tengah dilengkapi pula bentuk piramid. Lintasan kandang baru ini lebih panjang ketimbang kandang lama," katanya.

Jika dulu di kadang lama pengunjung naik unta tunggang hanya perlu waktu singkat sekitar dua menit sekali putaran, saat ini butuh waktu lebih lama. Sekira lima hingga enam menit sekali putaran. "Unta-unta tunggang yang sudah dipindahkan itu, baru akan dioperasikan melayani pengunjung mulai seminggu sebelum Lebaran nanti," katanya.

Saat ini, unta-unta itu masih tahap adaptasi dengan kandang barunya. Selain itu, butuh waktu latihan kembali untuk berjalan mengelilingi area kandang.

Di kandang baru ini, kata dia, juga dilengkapi fasilitas foto selfie bagi pengunjung. Menurutnya, unta tunggang maksimal hanya boleh dinaiki dua orang, terdiri satu dewasa dan satu anak-anak.

sumber:okezone

0 comments:

Post a Comment