Wednesday 7 June 2017

Apple Tak Lagi Perbarui Dukungan Untuk iPhone Lawas

Apple akan menghentikan dukungan untuk perangkat yang berjalan di siatem 32-bit. Dengan demikian, iPhone 5, iPhone 5C, dan ponsel yang lebih tua lainnya tak lagi mendapatkan dukungan pembaruan sistem operasi. Termasuk didalamnya, pemutakhiran perangkat lunak, perbaikan sistem keamanan, ataupun fitur lainnya bagi ponsel-ponsel tersebut.

Hal ini terjadi lantaran iOS 11 hanya berjalan di sistem 64-bit. Ini meruipakan perubahan mendasar pada sistem operasi anyar untuk perangkat mobile milik Apple tersebut.

Selain berhentinya dukungan untuk beberapa perangkat lawas tersebut, perubahan ini juga "membunuh" beberapa aplikasi dan game yang berjalan di sistem 32-bit.

Menilik dari jumlahnya, tak sedikit aplikasi dan games yang berhenti beroperasi seiring bergulirnya iOS 11 ini, demikian ditulis The Guardian.

Sensor Tower, perusahaan peneliti aplikasi, menemukan ada 187.000 aplikasi yang masuk kategori usang untuk sistem 64-bit. Catatan itu pun sudah terbit sejak 3 April 2017 lalu, saat iOS masih di versi 10.3. Itu berarti akan ada lebih banyak lagi aplikasi dan games yang jadi mati ketika iOS 11 resmi bergulir.

Keberadaan iOS 11 juga berarti aplikasi dengan sistem 32-bit akan berhenti beroperasi sekalipun di perangkat Apple terbaru seperti iPhone 7 dan iPad.

Keunggulan sistem prosesor 64-bit adalah sistem perangkat bisa memanfaatkan ruang memori lebih besar dan bekerja lebih cepat.

Kendati begitu, iOS 11 baru akan mengudara secara gratis ke iPhone, dengan pengecualian iPhone 5 dan 5C, serta iPad.

sumber:cnnindonesia

0 comments:

Post a Comment