Thursday 9 February 2017

Zuckerberg Dipaksa Lengser dari Facebook ??

Sekelompok pemegang saham Facebook memaksa perusahaan itu untuk melengserkan Mark Zuckerberg dari jajaran dewan direksi, dan digantikan dengan orang lain yang lebih independen.

Ide melengserkan CEO Facebook ini muncul dari sekelompok pemegang saham Facebook yang berasal dari lembaga pemerhati konsumen SumOfUs. Mereka menganggap dewan direksi yang independen akan lebih baik untuk mengawasi keputusan eksekutif perusahaan, dan lebih mendukung kepentingan pemegang saham.

SumOfUs adalah lembaga yang menyebut dirinya sebagai komunitas online yang mengkampanyekan kewajiban perusahaan-perusahaan besar terhadap sejumlah masalah, seperti perubahan iklim dunia sampai hak pekerja.

Tujuan melengserkan Zuck ini salah satunya adalah memberikan keseimbangan kekuasaan antara CEO dan dewan direksi, yang disebut akan menghasilkan kepemimpinan dewan direksi yang lebih kuat.

Padahal, bukan cuma Facebook yang CEO-nya juga menduduki posisi di dewan direksi. Perusahaan-perusahaan seperti Tesla, IBM, Amazon, Netflix dan Salesforce juga melakukan hal yang sama, demikian dikutip detikINET dari Venture Beat, Rabu (8/2/2017).

Facebook pun kemungkinan besar akan menolak permintaan kelompok itu, pasalnya Zuck masih merupakan salah satu pemegang saham terbesar Facebook, dan ia bisa dengan mudah menolak proposal tersebut dengan beraliansi dengan investor Facebook yang lain. 


0 comments:

Post a Comment