Thursday 23 February 2017

iPhone Tidak Akan Pernah Ada di Indonesia

Apple telah memilih jalur investasi dengan berencana membangun pusat riset dan pengembangan (R&D) di Indonesia, dengan tujuan untuk mencukupi regulasi pemerintah Indonesia mengenai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mengenai perangkat 4G.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara mengatakan, pusat R&D Apple di Indonesia merupakan yang terbesar kedua di dunia setelah Brasil, di luar markas Apple di Amerika Serikat.

“Untuk memenuhi TKDN di Indonesia, Apple sudah mulai membangun pusat R&D di Indonesia, nomor dua setelah Brasil. Ini (pembangunan pusat R&D) berbarengan dengan di India,” ujar Rudiantara saat menyampaikan sambutannya di acara diskusi Optimalisasi Spektrum Radi, di Jakarta, Senin (20/2/2017).

Menkominfo menambahkan, pembangunan pusat R&D Apple di Indonesia merupakan sebuah pencapaian yang besar dalam memenuhi TKDN, karena ia menyadari Iphone belum bisa diproduksi di Indonesia.

“Pembangunan pusat R&D Apple di Indonesia merupakan sebuah achievement, karena sampai kapan pun Apple tidak akan pernah membangun iPhone-nya di Indonesia. Sebab, kita tidak punya skala ekonomi sekelas Tiongkok yang diberikan kepada Apple. Tapi, kita juga tidak boleh hanya menjadi pasar,’ ungkap Rudiantara.

Pada semester I-2017, menteri yang akrab di sapa Chief RA tersebut mengatakan, Apple akan meluncurkan iPhone 7 di Jakarta. “Jadi, kita tidak usah beli iPhone 7 di luar negeri karena ada di Jakarta” tambahnya.

Sumber : beritasatu.com


0 comments:

Post a Comment