Wednesday 15 February 2017

Penemu 4G Adalah orang Indonesia

Dr. Khoirul Anwar adalah anak dari pasangan (almarhum) Sudjiarto dengan Siti Patmi. Pria kelahiran Kediri ini adalah alumni Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung, lulus dengan predikat cumlaude pada tahun 2000, wisudawan terbaik fakultas teknologi industri (FTI) dan tiga wisudawan terbaik se-ITB tahun 2000. Khoirul kemudian melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di Nara Institute of Science and Technology (NAIST) dan memperoleh gelar M. Eng pada tahun 2005 serta Dr. Eng pada tahun 2008.

 
Teknologi Indonesia ramai membicarakan Khoirul Anwar, ia disebut - sebut sebagai penemu teknologi Long Term Evolution (LTE) atau yang biasa disebut 4G. Dalam sebuah catatan di blog pribadinya pada Desember 2014, Khoirul pernah menyatakan bahwa ia bukanlah penemu 4G LTE.
"Saya tidak menulis sebagai penemu 4G LTE karena 4G LTE sendiri seharusnya memang tidak ditemukan, melainkan disepakati. Forumlah yang menyepakati teknik tertentu untuk dipakai atau tidak dipakai dalam sebuah standard," tulisnya.

"Yang saya sampaikan saat ditanya wartawan adalah bahwa yang saya kerjakan adalah prinsip/konsep dasar dengan dua Fast Fourier Transform (FFT) berpasangan, dan ini 'dipakai' dalam 4G uplink,"  "Dimulai sekitar 2010-2011, saat 4G belum terkenal. Yang jelas saya bilang bahwa saya menemukan konsep dua FFT. Dan ternyata 4G system di masa depan menggunakan konsep dua FFT juga,"lanjut Khoirul Anwar.
Di 3GPP terdapat dua orang perwakilan Indonesia yang juga tidak membenarkan kabar tersebut yakni Dr. Basuki Priyanto, Master Researcher di Sony Mobile Communications AB, dan Dr. Eko Onggosanusi, Direktur Riset Samsung Research Amerika. Keduanya berpendapat, konsep dua FFT tersebut sudah dipublikasikan pada 2002. Sedangkan Khoirul mematenkan konsep pemakaian dua FFT pada 2005, Paten US 7804764 B2.

Teknologi LTE sendiri terdiri dari banyak komponen. Dan kurang tepat jika menyebut 4G LTE itu 'ditemukan', lebih tepatnya 'disepakati' oleh badan standarisasi internasional bernama 3rd Generation Partnership Project (3GPP).

0 comments:

Post a Comment