Thursday 2 February 2017

Intel Siapkan Modem 5G

Intel baru saja mengumumkan kesiapannya untuk menjadi pemain utama dalam teknologi jaringan 5G. Tidak hanya itu, Intel sudah mempersiapkan roadmap khusus untuk mengembangkan jaringan 5G di seluruh dunia. Mereka bahkan telah memiliki modem 5G yang siap diimplementasikan.

Modem 5G dengan nama Goldridge tersebut diklaim sebagai modem 5G pertama di dunia yang memiliki latensi rendah serta band troughput yang sangat tinggi. Modem tersebut juga telah dapat bekerja dengan RFIC dari Intel yang sudah mendukung frekuensi 28GHz dan sub-frekuensi 6GHz.

Kecepatan download yang dihasilkan mampu mencapai 5 Gbps atau lima kali lebih kencang dibanding 4G  LTE cat 16 yang paling cepat sekarang, menurut klaim Intel.


Agar mudah diadaptasi di berbagai perangkat, modem 5G dari Intel ini sudah dapat terkoneksi dengan jaringan 4G LTE. Hal tersebut dikarenakan Goldrige bisa bekerja bersama dengan Intel XMM 7360 yang merupakan modem 4G LTE. Modem ini rencananya akan dihadirkan pada semester kedua tahun 2017.

Tidak hanya modem 5G, Intel juga sudah menyiapkan RFIC untuk melengkapi ekosistem perangkat 5G. RFIC dengan nama Monumental Summit tersebut akan mendukung penggunaan modem Goldridge. Dalam waktu dekat, RFIC ini akan mulai diuji coba di beberapa wilayah, termasuk Tiongkok, Eropa, Amerika Serikat, Jepang dan Korea.

Namun modem 5G Intel belum akan hadir di perangkat konsumen dalam waktu dekat. Ia rencananya baru akan ditawarkan ke para vendor calon konsumen potensial Intel untuk keperluan uji coba. Pengapalan Goldridge dijadwalkan sudah mulai pada akhir 2017.

Para vendor ini terdiri dari pabrikan hardware, operator telekomunikasi, juga pelaku industri di bidang lain seperti otomotif.




0 comments:

Post a Comment